Girls' Generation
Girls' Generation
|
|
Latar belakang
|
|
Alias
|
SNSD
So Nyeo Shi Dae (소녀시대, 少女時代) SoShi (소시, 少時) |
Asal
|
|
Tahun aktif
|
2007–sekarang
|
Artis terkait
|
|
Situs web
|
|
Anggota
|
|
Nama Korea
|
|
소녀시대
|
|
Sonyeo Shidae
|
|
Sonyŏ Shidae
|
Girls'
Generation adalah grup penyanyi perempuan asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007. Mereka
terdiri dari sembilan anggota: Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun.
Penggemar sering menyebut mereka
sebagai SNSD, singkatan dari
nama grup ini dalam bahasa Korea, "So
Nyeo Shi Dae". Klub penggemar resmi Girls' Generation bernama S♡NE (소원) yang diambil dari judul lagu dalam album pertama
mereka.
Grup ini sudah merilis tiga album
studio dan tiga album mini di Korea, satu album studio di Jepang serta berbagai
macam singel. Singel hits mereka pada tahun 2009, "Gee" menduduki posisi no. 1 di tangga
lagu program musik Music Bank
di KBS selama sembilan minggu berturut-turut,
menjadikannya pemegang rekor sebagai lagu yang paling lama berada di posisi no.
1 tangga lagu tersebut.[1] Mereka juga memenangi berbagai
macam penghargaan di tahun 2009 dan 2010, termasuk penghargaan Artis of The Year (Daesang) di Seoul Music Awards, Golden
Disk Awards, Melon Music Awards,
dan Korean Cultural Entertainment
Awards.
Girls' Generation memulai debutnya di
kancah musik Jepang pada tahun 2010 di bawah naungan label Nayutawave Records,
bagian dari Universal Music, dengan merilis versi bahasa Jepang dari lagu hits
mereka "Tell Me Your Wish (Genie)" dan "Gee
Karier
Pembentukan Girls' Generation diumumkan
pada 16 Juli 2007. Pada awalnya, mereka diberi nama
Super Girl, versi wanita dari Super Junior[3], disertai
pengumuman resmi profil masing-masing anggota. Sebelum menjadi anggota Girls'
Generation, mereka sudah dilatih sebagai penari dan penyanyi profesional.
Sebagian di antaranya sudah dilatih di bidang akting dan modeling, serta
berpengalaman menjadi model iklan di televisi dan majalah.
Singel dan album pertama: 2007-2008
Acara M! Countdown di M.Net 18 Juli 2007 menjadi tempat penampilan pertama
Girl's Generation. Mereka membawakan lagu "다시 만난 세계 (Into the New World)" yang dirilis sebagai singel pertama Girl's
Generation, Agustus 2007. Singel tersebut juga berisi dua lagu lain,
"Beginning" dan "Perfect For You (소원)", serta versi instrumental
"?다시 만난 세계 (Into the New World)". Judul lagu "Perfect For You"
nantinya berganti judul sebagai "Honey" dalam album perdana mereka, Girls' Generation. Singel "Into
the New World" diikuti kegiatan promosi. Mereka tampil dalam acara Popular Songs di SBS, Show! Music Core di MBC, dan Music Bank
di KBS.
Album perdana 소녀시대 (Girls' Generation) dirilis akhir musim gugur 2007 dengan lagu andalan
berjudul sama. Ketika dibawakan Lee Seung Chul, lagu "Girls' Generation" sukses
sebagai lagu hit, tapi ketika dibawakan mereka, album ini hanya terjual
sejumlah 121.143 kopi.[4] Pada awal tahun 2008, Girls'
Generation mulai mempromosikan singel kedua, "Kissing You" dengan Donghae dari Super Junior sebagai bintang tamu.
Pada Maret 2008, album Girls' Generation dirilis kembali
dengan judul berbeda, Baby Baby,
dan dirilis singel "Baby Baby" dari album tersebut. Sementara itu,
sebuah album EP digital, Roommate
dari Jessica, Tiffany, dan Seohyun dirilis bulan April 2008. Setelah itu,
Girls' Generation ikut serta dalam konser SMTown Live '08 bersama rekan-rekan
dari SM Entertainment, BoA, TVXQ, Super Junior, CSJH the Grace, Zhang Liyin, dan SHINee. Tur keliling juga dilangsungkan di Thailand dan RRC.
Puncak kesuksesan: 2009
Pada Januari 2009, Girls' Generation
merilis album mini Gee[5] Singel
berjudul sama dari album Gee
langsung menjadi lagu terpopuler di Cyworld
pada hari berikutnya,[6] dan menempati urutan nomor satu
semua tangga lagu digital dalam dua hari berikutnya.[7]
Dalam rangka promosi album Gee, mereka muncul dalam acara Show! Music Core bulan Januari 2009.[8] Mereka membawakan lagu
"Gee" dan "Him Nae/Way To Go" yang juga berasal dari album
mini Gee. Di tangga lagu M.Net,
"Gee" menjadi pemegang rekor lagu nomor satu yang bertahan paling
lama (8 minggu) mengalahkan "Nobody" dari Wonder Girls.[9][10] Girls'
Generation menempati peringkat pertama 9 minggu berturut-turut dengan lagu
"Gee",[11], sekaligus memecahkan rekor
acara Music Bank di KBS yang sebelumnya dipegang oleh Jewelry dengan "One More Time" (7 minggu
berturut-turut).[12]
Mereka kembali dengan singel baru
mereka "Sowoneul Malhaebwa (Genie)" (bahasa Korea: "소원을 말해봐", "Tell Me Your Wish") yang dirilis secara digital, 22 Juni
2009.[13][14] Album mini
ini menampilkan duet Jessica dan anggota Shinee yang bernama Onew.[15]
2010: Album kedua, debut di Jepang dan Hoot
Pada bulan Januari, SM Entertainment mengonfirmasi
bahwa Girls' Generation akan merilis album keduanya, Oh!
pada tanggal 28 Januari.[16] Singel utama dari album
tersebut yang berjudul "Oh!" dirilis secara digital pada 25 Januari
disusul dengan video klipnya yang dirilis dua hari setelahnya.[17] Lagu tersebut langsung
menduduki peringkat pertama dalam berbagai chart musik hanya dalam waktu
beberapa saat setelah dirilis.[18] Dengan lagu "Oh!",
Girls' Generation berhasil memenangi K-Chart 5 minggu berturut-turut pada acara
KBS Music Bank, serta 3 kali kemenangan di SBS Inkigayo.[19] Video klip dari lagu tersebut
juga sangat populer, terbukti dengan mendapat peringkat pertama sebagai video
yang paling banyak ditonton pada tahun 2010 di Youtube Korea dan Hongkong, serta masuk
jajaran 10 teratas di Taiwan dan Jepang.[20]
2011: Mr.
Taxi, album Jepang pertama dan The
Boys
Album mini "Hoot" disertifikasi Gold oleh Record Industry
Association of Japan dengan penjualan yang telah melebihi 100.000 kopi.[21] Pada awal tahun 2011, Girls'
Generation mempersiapkan sebuah lagu baru berjudul "Visual Dreams",
sebagai bagian dari promosi untuk prosesor Intel
Core generasi kedua di Asia.[22] Video klip untuk "Visual
Dreams" dirilis tanggal 17 Januari yang disertai berbagai macam kampanye
promosi termasuk musik baru, video klip 2D dan 3D, situs internet, foto-foto
dan display di toko-toko
komputer.[23]
Pada pertengahan Januari diumumkan
bahwa mereka akan akan kembali ke pasar musik Jepang dengan perilisan versi
bahasa Jepang dari "Run Devil Run" sebagai singel digital, dijadwalkan untuk
dirilis pada 25 Januari 2011.[24]
Tanggal 20 Januari, di Seoul Music Awards ke-20 mereka
menerima penghargaan Artist of the
Year, Bonsang prize, Popularity Award dan Hallyu Award. Dengan ini Girls'
Generation menjadi satu-satunya artis di sejarah musik Korea selain Seo Taiji, Jo Sungmo dan H.O.T. yang berhasil memenangkan penghargaan Artist of the Year dua tahun
berturut-turut di Seoul Music Awards.
Mereka juga menjadi satu-satunya girl
group dalam sejarah yang menerima penghargaan Artist of the Year di Seoul
Music Awards, dan Melon Music
Awards selama dua tahun berturut-turut. [25]
Girls' Generation menerima gelar Korea's No. 1 Power Celebrity dari Forbes Korea.[26] Mereka
tampil di konser ulang tahun ke-50 stasiun televisi MBC, Korean Music Wave in Bangkok di Thailand pada 12 Maret 2011 yang menandai
penampilan pertama mereka di Thailand sejak Pattaya Music Festival bulan Maret 2009.
Tanggal 8 Maret, Universal Music Japan
memberikan informasi di situs resmi mereka tentang perilisan singel ketiga dan
tur konser Jepang pertama Girls' Generation. Pada tanggal 27 April Girls'
Generation akan merilis album singel Jepang ketiga "Mr. Taxi/Run Devil
Run" yang di dalamnya terdapat lagu original berbahasa Jepang
mereka yang pertama "MR. TAXI"[27] dan versi bahasa Jepang dari
lagu Korea mereka "Run Devil Run". Sebagian keuntungan dari penjualan singel
tersebut akan disumbangkan ke Palang Merah Jepang untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami Sendai 2011.[28] Saat itu
diumumkan juga bahwa Girls' Generation akan menggeIar konser keliling Jepang
bertajuk "The 1st Japan Arena Tour" yang akan
dimulai di Osaka pada 31 Mei. Total sebanyak 14 konser di 6 kota akan
berlangsung selama satu setengah bulan.[29]
Di 2011 MTV Video Music Aid Japan (VMAJ),
Girls' Generation dinominasikan di tiga kategori yaitu "Best Group
Video", "Best Video Of The Year" dan "Best Karaokee!
Song".[30] Girls' Generation membawakan
dua lagu di acara yang juga dihadiri oleh artis-artis terkenal dunia seperti Tokio Hotel dan Lady Gaga tersebut.[31] Pada
tanggal 2 Juli, diumumkan bahwa mereka memenangkan dua dari tiga nominasi yaitu
"Best Group Video" dan "Best Karaokee! Song" untuk "Genie".[32]
Tanggal 1 Juni 2011, mereka merilis
album studio Jepang pertama yang bertajuk Girls' Generation. Album ini memuat 12 lagu termasuk
singel "Genie", “Gee”, "Run Devil Run", "Mr.
Taxi" dan versi Jepang dari "Hoot".[33]
Album Girls' Generation disertifikasi Platinum oleh Recording Industry Association of Japan
pada 14 Juni 2011 dan Double Platinum pada 8 Juli 2011.[34][35] Grup ini
juga mencetak rekor sebagai artis luar negeri dengan total penjualan album
pertama tertinggi di Jepang. Girls' Generation adalah artis keempat yang
mencapai posisi nomor 1 di chart
album mingguan Oricon setelah BoA, TVXQ dan Big Bang,[36] dan menjadi
artis Korea ketiga yang melewati angka penjualan 500.000 kopi setelah BoA dan
TVXQ. Seiring dengan popularitas mereka yang semakin bertambah, Girls'
Generation pun menjadi artis luar negeri berpenghasilan tertinggi di Jepang
pada paruh pertama tahun 2011.[37] Album Girls' Generation telah terjual sebanyak lebih dari
629.436 keping, menjadikannya sebagai album oleh sebuah grup asal Korea yang
paling banyak terjual dalam sejarah tangga lagu Oricon.
Belakangan ini, Girls' Generation
sedang sibuk dengan tur Asia kedua mereka. Dua konser pertama telah
diselenggarakan di Seoul pada 23 dan 24 Juli, diikuti dengan
konser di Taipei, Taiwan tanggal 9, 10 dan 11 September, serta
di Singapura pada 9 dan
10 Desember.
Girls' Generation dinamai "The Most Influential Entertainers in Korea"
untuk tahun 2011 oleh SISA Press setelah pada tahun sebelumnya berada di posisi
keenam.[38]
Pada tanggal 26 September 2011 S.M.
Entertainment mengumumkan bahwa Girls' Generation akan kembali dengan album
Korea ketiga mereka "The Boys.
Foto teaser pertama yang
menampilkan Taeyeon dirilis pada hari itu juga, disusul oleh Sunny dan Hyoyeon
pada 27 September, Jessica, Sooyoung dan Tiffany pada 28 September serta Yoona,
Yuri, dan Seohyun pada 29 September. Video teaser pertama untuk "The Boys" dirilis pada 1 Oktober 2011 melalui kanal
YouTube milik S.M. Entertainment.[39]
Girls’ Generation pada awalnya
dijadwalkan untuk merilis album ketiga "The Boys" lewat iTunes dan berbagai situs musik di Asia
termasuk Korea pada 5 Oktober 2011. Namun pada 30 September diumumkan bahwa
peluncuran album tersebut telah ditunda karena adanya diskusi tentang perilisan
album ini di seluruh dunia, yang detailnya akan segera diungkap segera setelah
tercapai kesepakatan.[40][41] Pada 10
Oktober dikonfirmasi bahwa album tersebut akan dirilis pada 19 Oktober 2011 dan
Girls' Generation akan membawakan lagu "The Boys" untuk pertama
kalinya di acara Music Bank di KBS pada 21 Oktober.[42]
Sebagai langkah pertama mereka dalam
menembus pasar musik internasional, Girls' Generation menanda tangani kontrak
dengan label Amerika Serikat
Interscope Records yang merupakan anak perusahaan Universal Music
Group.[43]
Singel utama album ketiga mereka,
"The Boys" dirilis dalam dua bahasa yaitu Korea dan Inggris. Lagu
tersebut diciptakan dan diaransemen oleh Teddy Riley yang pernah menjadi produser Michael Jackson.[44]
Hanya dalam waktu beberapa menit
setelah "The Boys" dirilis, album tersebut langsung menduduki ranking
pertama di berbagai tangga lagu situs musik. Pada tanggal 21 Oktober, Girls'
Generation memulai promosi mereka untuk album ketiga dengan membawakan lagu "The
Boys" dan "Mr. Taxi(Korean ver.)" di Music Bank. Girls' Generation dikonfirmasi akan merilis singel
maxi (album mini) "The Boys" di Amerika Serikat pada 29 November,
namun belakangan tanggal perilisan tersebut kemudian diundur sampai 25 Desember
2011.
Seminggu setelah penampilan comeback mereka, Girls' Generation
memenangkan penghargaan pertama untuk "The Boys" di M! Countdown pada 27 Oktober, kedua di Music Bank pada 28 Oktober dan yang
ketiga pada 30 Oktober di Inkigayo. The
Boys terjual sebanyak 227.994 kopi selama 12 hari dan menjadi album yang
paling banyak terjual di Korea Selatan untuk bulan Oktober.[45]
Pada tanggal 11 November dikabarkan
bahwa Girls' Generation akan merilis buku foto resmi pertama mereka di Jepang
yang berjudul “Holiday”. Selain itu dokumentasi tur konser Jepang pertama
mereka akan tersedia baik dalam bentuk blu-ray maupun DVD dan akan dirilis pada
14 Desember.[46] "Holiday" menembus
posisi no. 1 dalam kategori fotografi di chart
penjualan buku di Jepang. Buku tersebut memuat koleksi foto mereka saat
menikmati liburan, dan berhasil terjual lebih dari 17.000 eksemplar hanya dalam
waktu satu minggu.[47] pada tanggal 29 November Girls'
Generation tampil dalam acara M'Net Asian Music Award 2011 dengan menampilkan
lagu The Boys dalam versi remix. Dalam acara itu pula Girls' generation
mendapatkan dua penghargaan sebagai Best Female Groub dan Artist Of The Year.
Girls' Generation ikut berpartisipasi
dalam album kompilasi "2011 Winter SMTown: The Warmest Gift" dengan lagu
berjudul "Diamond". Album tersebut dirilis pada 13 Desember 2011.[48]
Anggota
Nama panggung
|
Nama lahir
|
Tanggal lahir
|
Kim Tae-yeon
(김태연) |
||
Jessica Jung
(제시카 정) |
||
Lee Soon-kyu
(이순규) |
||
Stephanie Hwang
(스테파니 황) |
||
Kim Hyo-yeon
(김효연) |
||
Kwon Yu-ri
(권유리) |
||
Choi Soo-young
(최수영) |
||
Im Yoon-ah
(임윤아) |
||
Seo Joo-hyun
(서주현) |
Diskografi
Korea
Album
Album repackage
Mini album
Album singel
Live album
DVD
|
Jepang
Album
Album repackage
Singel
Singel digital
DVD
|
Konser
- The 1st Asia Tour: Into the New World (2009–2010)
- The 1st Japan Arena Tour (2011)
- The 2011 Girls' Generation Tour (2011)
Partisipasi dalam konser lain
- SMTown Live '08 (2008–2009)
- SMTown Live '10 World Tour (2010–2011)
Penampilan televisi
Drama
- 2007: Kimcheed Radish Cubed (cameo) (Korea)
- 2007: Unstoppable Marriage (cameo) (Korea)
- 2011: Sazae-san 3 (cameo) (Jepang)
Reality show
- 2007: Girls' Generation Goes to School
- 2007: MTV Girls' Generation
- 2008: Factory Girl
- 2009: Girls' Generation's Horror Movie Factory
- 2009: Himnae-ra-him!/Cheer Up!
- 2009: Girls' Generation's Hello Baby
- 2010: Right Now It's Girls' Generation
- 2011: Girls' Generation Star Life Theater
- 2011: Girls’ Generation and Dangerous Boys
Iklan
- Elite Uniform (2007-2008)
- Ellesse (2008)
- Samsung Anycall Haptic Motion (dengan TVXQ) (2008)
- Viliv PMP (2008)
- Goobne Chicken (2008-sekarang)
- Sunkist Sweetieade (2008)
- Nexon Maple Story (2008)
- Nexon Bubble Fighter (2008)
- Miero Beauty N (2009)
- Banana Milk (2009)
- Post Granola (2009)
- Shinhan Card (2009)
- Samyang Ramyun (2009-2010)
- LG Cyon Chocolate (2009)
- Seoul Public Service (2009)
- SPAO (dengan Super Junior) (2009-sekarang)
- Dungeon & Fighter (2009)
- LG Cyon Maxx (2010)
- iPopcorn (2010)
- Nintendo DSi (2010)
- LG Cooky (2010)
- Domino's Pizza (2010)
- Daum (2010-sekarang)
- Samsung PAVV LED TV (2010)
- Samsung China (2010)
- Everland Caribbean Bay (dengan 2PM) (2010)
- Intel Asia (2011)
- E-ma Nodoame (2011)
- Christian Dior (2011)
- Woongjin Coway (2011)
- Vita500 (2011)
- Lipton (2011)
- J.ESTINA (2011)
0 komentar:
Posting Komentar